Manggung di JCC bareng BANDAI

Jan. 18, 2019, 10:39 p.m.   afifai  


Berawal dari milis pada 27 November 2018, tim Talent mengadakan sebuah acara yang bernama Bukabakat. Dari awal memang sudah tertarik dengan acara tersebut, namun hanya sebatas tertarik saja tanpa ada niat buat benar2 join ke acara itu. Ternyata bukan cuma saya yang tertarik, di tempat lain sepertinya Rizal juga tertarik, terlihat dari betapa semangatnya dia bertanya di grup siapa aja yang tertarik ikut acara itu. Akhirnya setelah mendapatkan beberapa nama, tanpa tunggu waktu lama, Rizal pun mendaftarkan saya, Dieka, Vitri, dan dirinya ke acara tersebut dengan jenis grup musik bernama Bandai (Band AI) karena kami semua dari tim AI.

Setelah pendaftaran, sepertinya kami semua antara niat ga niat ikut acara ini (kayaknya lebih ke sayanya sih, soalnya hari2 itu lagi banyak cuti karena sempat drop kondisi badan). Beberapa hari sebelum audisi (kira2 2 minggu) kami baru memulai latihan dirumah saya.

Beberapa hari sebelum hari H audisi pertama, ada orang yang sepertinya tidak setuju dengan eksistensi bandai dan menyebutnya sebagai f#cking band dengan suatu alasan yang menurut saya sepele, bahkan menyuruh saya untuk keluar dari band. Heran sih, padahal sepertinya orangnya pinter, tapi EQ nya sepertinya dibawah rata-rata kebanyakan orang. Bagaimana tidak ? mana ada orang yang dengan mudahnya berkata seperti itu tanpa memikirkan teman-teman dalam band saya. Entah memang tidak pernah bergaul dengan banyak orang atau dari dulu kebiasaan semua kemauannya dituruti sehingga dunia harus menuruti apa yang dia inginkan. Entahlah, semoga cepat sadar ya.

Dengan kondisi badan saya yang belum pulih total, rasanya saya ingin menyudahi saja rangkaian ini, toh belum dimulai juga. Tapi melihat semangat teman-teman lain yang sudah sangat niat, saya pun mengurungkan niat untuk menyudahi dan menghadapi apapun yang terjadi. Dan untungnya saya tidak berhenti hanya gara-gara hal begini. Nyesel banget pasti kalau disini saya pilih berhenti.

Alhasil, kami pun mengikuti audisi pertama dengan baik dan kabar baiknya kami lolos ke audisi ke-2 yang akan dilaksanakan 2 hari setelah audisi pertama.

Selesai Audisi Pertama Bukabakat

Karena satu dan lain hal, vitri sang keyboardist pertama mengundurkan diri dan diganti oleh Fadhli (Adzil). Saya sendiri hanya latihan 1 hari untuk audisi ke-2 karena kondisi masih kurang baik ditambah tekanan batin juga. tapi teman2 yang lain tetap latihan 2 malam berturut-turut. Dan hasilnya, kami pun lolos dari audisi ke-2.

Selesai Audisi Kedua Bukabakat

jarak antara audisi ke-2 dan final cukup jauh, namun kami memulai untuk latihan kembali kira2 seminggu lebih sebelum final. Jujur saja kami sangat mentok untuk membawakan lagu apa pada babak final. Mengingat sepertinya ekspektasi juri cukup tinggi kepada kami.

Karena kebetulan salah satu jurinya adalah mas Lembu vokalis Clubeighties. Sepertinya asik nih bernostalgia dengan lagu Clubeighties, dan lagian kapan lagi bisa ngeledekin mas Lembu (hehehe sorry mas).

Buat babak final, kayaknya ga asik kalau ga ada beat drum nya. Ternyata Adzil seniat itu membuat drum track pake garage band supaya musiknya ga sepi, ampe begadang pula, salut. Ditempat lain, Rizal juga seniat itu ngerekam rhythm untuk ditaro di waktu saat dia lead guitar. Keren lah pokoknya.

Namun kabar kurang baik datang dari Dieka karena dia sakit dan ngedrop sehingga dia tidak masuk kerja dan sampe pada hari babak final kondisinya belum baik. Sebelum hari H final, ternyata Adzil sudah mempersiapkan track bass untuk dimainkan bersama track drum yang udah dibuat sebelumnya, nambah lagi dah jam ga tidur nya doi.

Dan akhirnya pada babak final kami hanya bertiga saja, dan Alhamdulillah lancar, ditambah mas Lembu ikutan nyanyi dibagian akhir membuat kesan tersendiri kepada kami.

Dan saat pengumuman, Alhamdulillah kami menjadi juara 3 Bukabakat dan diperkenankan untuk tampil di panggung besar JCC dalam acara ulang tahun Bukalapak ke 9 keesokan harinya.

Oh iya, kami sebenarnya sudah mempersiapkan drummer Bandai untuk jaga-jaga lolos 3 besar yaitu Guruh yang ikut kami latihan selama persiapan menuju final dan Alhamdulillah persiapan kami tidak sia-sia karena kami diberi kesempatan untuk manggung dengan formasi full band. Alhamdulillah kondisi kesehatan Dieka juga sudah membaik sehingga kami tampil full team.

Sebelum Manggung di JCC

Setelah Perform

Thank you so much guys atas semua effort yang diberikan selama sebulan lebih terakhir kemarin, mulai dari kurang jam tidur, bawa-bawa alat musik ke kantor, gotong-gotong keyboard, ngerelain waktunya buat latihan dan lain-lain.

Semoga masih semangat buat manggung di panggung-panggung lainnya yah 😁

Formasi :

  • Vocalist: Me

  • Backing Vocal & Guitarist : Afrizal Firdaus

  • Bassist : Dieka Nugraha

  • Keyboardist : Fadhli Dzil Ikram

  • Drummer : Guruh Hapsara

Bonus :

Ini video kami saat manggung di JCC :D

Klik Disini


JCC bandai manggung
Afif A. Iskandar
AI Scientist
Cari
Kategori
    No categories yet